Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat, karunia,
serta taufik dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah tentang Indomie
ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Penulis juga berterima
kasih kepada ibu Yuyun Yuniasih selaku dosen mata kuliah Pengantar Bisinis yang
telah memberikan tugas ini kepada penulis.
Penulis
berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasa serta
pengetahuan kita mengenai sejarah dan perkembangan Indomie. Penulis juga
menyadari bahwa dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata
sempurna. Oleh sebab itu, penulis berharap adanya kritik, saran dan usulan demi
perbaikan makalah dimasa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang
sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga
makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya
laporan yang telah ditulis dapat berguna bagi penulis maupun pembaca. Sebelumya
penulis mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dan penulis mohon
kritik dan saran demi perbaikan dimasa yang akan datang.
Tasikmalaya,
29 November 2015
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
……………………………………………...…………… i
DAFTAR ISI
……………………………………………………………………. ii
BAB I PENDAHULUAN
……………………………………………………….. 1
A. Latar
Belakang Masalah …………………………………………………. 1
B. Rumusan
Masalah ……………………………………………………….. 2
C. Tujuan
Makalah …………………………………………………………. 2
D. Kegunaan
Makalah ……………………………………………………… 3
E. Prosedur
Makalah ……………………………………………………….. 3
BAB II PEMBAHASAN
………………………………………………………... 4
A. Sejarah……………………………………………………………..5
B. Promosi
dan Pemasaran……………………………………………..5
C. Jenis-jenis
Indomie …………………………7
BAB
III SIMPULAN DAN SARAN ……………………………………………. 9
A. Simpulan
………………………………………………………………… 9
B. Saran
…………………………………………………………………….. 9
DAFTAR PUSTAKA
……………………………………………………...……11
ii
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ketika mi instan pertama kali
diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia di tahun 1969, banyak yang meragukan
bahwa mi instan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pangan pokok. Akan tetapi, karena mi instan sendiri
harganya relatif terjangkau, mudah disajikan dan awet, Indomie berkembang pesat
seiring dengan diterimanya mi instan di Indonesia. Produk Indomie yang pertama kali diperkenalkan adalah Indomie
Kuah Rasa Kaldu Ayam yang saat itu sesuai dengan selera lidah
masyarakat Indonesia. Kemudian pada tahun 1982, penjualan produk Indomie
mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan diluncurkannya varian Indomie
Kuah Rasa Kari Ayam. Puncaknya
pada tahun 1983, Produk Indomie kembali semakin digemari oleh masyarakat
Indonesia dengan diluncurkannya varian Indomie Mi Goreng.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas,
penulis merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.
1. Bagaimana sejarah terbentuknya indomie?
1
2. Bagaimana promosi dan pemasarannya?
3. Apa
saja jenis produk indomie?
C.
Tujuan Makalah
Sejalan dengan rumusan masalah di atas, makalah ini
disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan:
1. sejarah indommie
2. promosi dan pemasaran indomie
3. jenis-jenis indomie
D. Kegunaan Makalah
Makalah ini disusun dengan harapan
memberikan kegunaan baik secara teoretis maupun secara praktis. Secara teoretis
makalah ini berguna sebagai penambah wawasan dan mengenali produk indomie. Secara
praktis makalah ini diharapkan bermanfaat bagi:
1. penulis,
2. pembaca,
E. Prosedur Makalah
Makalah ini disusun dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Melalui
metode ini penulis akan menguraikan permasalahan yang dibahas secara jelas dan
komprehensif. Data teoretis dalam makalah ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik
studi pustaka, artinya penulis mengambil data melalui kegiatan membaca
berbagai
2
literatur yang
relevan dengan tema makalah. Data tersebut diolah dengan teknik analisisis
malalui kegiatan mengeksposisikan data serta mengaplikasikan data
tersebut dalam konteks tema makalah.
3
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Indomie pertama kali dibuat oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd.
pada tahun 1972
dengan rasa sari ayam (sekarang rasa kaldu ayam) dan rasa sari udang (sekarang
rasa kaldu udang). Pada tahun 1982 Indomie varian rasa kari ayam dan mi
goreng diluncurkan. Pada tahun 1984 perusahaan tersebut dibeli oleh PT.
Sarimi Asli Jaya, yang memproduksi Sarimi.
Pada tahun 1987,
Pop Mie, mi instan dalam bentuk cup dari Indomie,
diluncurkan untuk pertama kalinya dengan rasa ayam dan rasa baso. Pada tahun 1990
PT. Panganjaya Intikusuma didirikan, yang kemudian menjadi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. pada tahun 1994, mengambil alih kedua perusahaan tersebut
(PT. Sarimi Asli Jaya dan PT. Sanmaru).
Pada tahun 2005 saat pergantian kemasan, Indomie berhasil
memecahkan rekor Guinness World Records sebagai bungkus mi instan terbesar di
dunia. Pada tahun 2006 Indomie Goreng Kriuuk diluncurkan, dengan
tiga pilihan kriuuk, yaitu kriuuk ayam, bawang dan pedas. Pada tahun 2009
gambar foto ilustrasi saran penyajian Indomie direvisi di Indomie Goreng
Spesial, Rasa Ayam Bawang, Rasa Ayam Spesial, Rasa Kaldu Ayam dan Rasa Soto
Mie. Pada tanggal 3 Januari
2010
Indofood CBP memperkenalkan Indomie kemasan baru untuk semua varian rasa
goreng, kuah, Selera Nusantara dan JUMBO
4
dengan tagline seleraku dalam pesona
baru. Pada bulan Agustus 2010
Indomie Keriting hadir dengan tiga rasa baru yaitu Goreng Rasa Ayam Cabe Rawit,
Goreng Rasa Kornet dan Rasa Laksa Spesial serta pergantian kemasan untuk varian
Goreng Spesial dan Rasa Ayam Panggang.
Pada akhir 2011
Indomie Goreng Rendang diluncurkan, dengan daging sapi asli dipadu dengan bumbu
rendang asli, dengan tagline ini baru rendang. Pada bulan Agustus 2012 Indomie menyelenggarakan program ulang
tahun yang ke-40 tahun, yang perayaannya diselenggarakan di Mal Taman Anggrek, Jakarta.
Pada bulan Desember 2012
diluncurkan varian baru Indomie Goreng Cabe Ijo, dengan serpihan cabe hijau
asli dan minyak bumbu cabe hijau yang diberi pewarna hijau klorofil agar mi
berwarna hijau. Slogan iklan Indomie Goreng Cabe Ijo yaitu ijo, mantap, hot
yang kemudian pada bulan April 2013 dengan slogan "Asli Cabe Ijo".
Pada bulan November 2013
diluncurkan varian baru Indomie Taste
of Asia, yaitu rasa Tom Yum,
Bulgogi dan Laksa. Pada bulan Januari 2014 diluncurkan varian baru Indomie Goreng
Iga Penyet, dengan bumbu iga penyet dengan slogan "Dahsyat Iga
Penyetnya!" yang kemudian pada bulan Maret 2014 dengan slogan
"Dahsyat Rasanya!". Pada bulan September 2014
diluncurkan varian baru Indomie Kuliner
Indonesia, yaitu Mi Goreng Rasa
Dendeng Balado dan Rasa Soto
Lamongan. Pada bulan Oktober 2015
diluncurkan varian baru Indomie My
Noodlez, mi instan goreng pertama untuk anak-anak yang dibuat dengan
rumput laut dan wortel dengan taburan topping crunchy, yaitu rasa Pizza Cheese, Rumput Laut dan Salmon
Teriyaki.
5
B.
Promosi dan Pemasaran
Indomie untuk saat ini
merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk mi instan di
Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Indomie sebagai produk mi
instan yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran
yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di
media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan
billboard secara luas. Indomie sangat dikenal dengan taglinenya, "Indomie Seleraku". Pada
tahun 2008 Indomie melakukan inovasi dalam promosinya dengan mengadakan event
Indomie Jingle Dare, sebuah ajang kompetisi bagi pelajar tingkatan SMA untuk
membuat jingle bagi iklan Indomie.
Dalam pemasarannya, grup distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi
mi instan yang terluas di Indonesia, yang mana menembus sampai hampir ke setiap
sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif
sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas
melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area
yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga
setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang
sesingkat mungkin. Indomie dapat dibeli secara satuan per bungkus, dapat juga
dibeli dengan paket per 5 bungkus dan paket 1 kardus yang berisi 30 atau 40
bungkus indomie. Harga Indomie relatif ekonomis, di Indonesia pada tahun 2012,
Indomie dihargai Rp. 1.450,-
6
per bungkusnya atau sekitar 10 sen dolar Amerika. Di Australia,
tahun 2009 Indomie dijual dengan harga 25 sen per bungkusnya atau AUD 10 untuk satu kardus berisi 40 bungkus Indomie, sedangkan di Amerika Serikat pada tahun 2009, Indomie biasa dijual
dengan harga 1 dolar per 3 bungkusnya, dan dapat ditemukan di berbagai supermarket Asia seperti Lion Supermarket, Marina Food, atau 99 Ranch Market.
C.
Jenis-jenis Indomie
Indomie Goreng
- Indomie Goreng Spesial
- Indomie Goreng Spesial Plus (Bawang Goreng Lebih Banyak dan Lengkap dengan Saus Cabe)
- Indomie Goreng Cabe Ijo
- Indomie Goreng Pedas
- Indomie Goreng Iga Penyet
- Indomie Goreng Rendang
- Indomie Goreng Sate
- Indomie Goreng Sapi
- Indomie Goreng Sapi Spesial
- Indomie Goreng Udang
- Indomie Goreng Spesial Jumbo
- Indomie Goreng Rasa Ayam Panggang Jumbo
7
- Indomie Goreng Kriuuk.. Ayam
- Indomie Goreng Kriuuk.. Bawang
- Indomie Goreng Kriuuk.. Pedas
- Indomie Goreng Kriuuk.. Sapi
- Indomie Goreng Kriuuk.. Soto Ayam
Indomie
Kuah
- Indomie Rasa Ayam Bawang
- Indomie Rasa Ayam Spesial (varian lama)
- Indomie Rasa Ayam Spesial (varian baru)
- Indomie Rasa Baso Sapi
- Indomie Rasa Kaldu Ayam
- Indomie Rasa Kaldu Udang
- Indomie Rasa Kari Ayam
- Indomie Rasa Kari Ayam (Bawang Goreng Lebih Banyak)
- Indomie Rasa Soto Mie
- Indomie Rasa Soto Spesial (Ekstra Koya Gurih)
Indomie
Selera Nusantara
8
- Indomie Rasa Coto Makassar
- Indomie Rasa Empal Gentong
- Indomie Rasa Kari Ayam Medan
- Indomie Rasa Mi Celor
- Indomie Rasa Mi Kocok Bandung
- Indomie Rasa Sop Buntut
- Indomie Rasa Soto Banjar
- Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kulit
- Indomie Rasa Soto Betawi
- Indomie Rasa Soto Medan
Indomie
Kuliner Indonesia
- Indomie Goreng Rasa Dendeng Balado
- Indomie Rasa Soto Lamongan
Indomie
Keriting
- Indomie Keriting Goreng Rasa Ayam Cabe Rawit
- Indomie Keriting Goreng Spesial
- Indomie Keriting Rasa Ayam Panggang
Indomie
Taste of Asia
- Indomie Taste of Asia Mi Kuah Rasa Tom Yum Ala Thailand
9
- Indomie Taste of Asia Mi Goreng Rasa Bulgogi Ala Korea
- Indomie Taste of Asia Mi Kuah Rasa Laksa Ala Singapura
Indomie
Unique Flavor
·
Indomie Unique Flavor Rasa
Rissoto Ayam & BBQ Flavor
- Indomie Unique Flavor Mi Goreng Rasa Bollognese & Cornett
- Indomie Unique Flavor Rasa Rissoto Sapi & Saus Ayam
- Indomie Unique Flavor Mi Goreng Rasa Chocolate & Vanilla Strawberry
Indomie
My Noodlez
- Indomie My Noodlez Mi Goreng Rasa Pizza Cheese
- Indomie My Noodlez Mi Goreng Rasa Rumput Laut
- Indomie My Noodlez Mi Goreng Rasa Salmon Teriyaki
10
BAB
III SIMPULAN DAN SARAN
A.. Simpulan
Dari
pembahasan di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Sejarah
awal dibuatnya Indomie adalah tahun 1972 oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing
Co. Ltd. dengan rasa sari ayam dan sari udang.
2. Indomie mempromosikan produknya melalui iklan di
media elektrnik dan cetak, mensponosri berbagai acara, dan instalasi billboard
iklan secara luas.
3. Terdapat berbagai jenis produk indomie diantaranya
indomie goring, indomie kuah, indomie selera nusantara, indomie kuliner
Indonesia, indomie keriting, indomie taste of Asia, indomie unique flavor, dan
indomie my noodlez dengan varian rasa yang berbeda-beda.
B.
Saran
1. Pembaca
Saran dari penulis untuk pembaca yaitu
agar pembaca dapat menyimak dengan baik, sehingga apa yang masih kurang dalam
penulisan makalah ini dapat di sampaikan melalui kritik yang membangun untuk
perbaikan dimasa yang akan datang, baik itu untuk penulis maupun untuk pembaca yang
apabila di kemudian hari akan membuat makalah yang serupa dengan tema di atas.
2. Penulis
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna,
kedepannya penulis
11
akan lebih fokus dan detail
dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih
banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan.
3. Pihak yang relevan
dengan tema
Untuk pengembangan lebih lanjut,
penulis menyarankan agar pihak yang relevan dengan tema memperbaiki beberapa
aspek, misalnya dalam penulisan kata maupun kalimat yang tertuang dalam sumber
atau referensi yang tidak sesuai konteks atau penulisannya tidak menggunakan
bahasa yang baku, supaya pihak-pihak yang akan mengambil bahan bacaan dari
sumber atau buku tersebut dapat dengan mudah memahami apa yang dituangkan,
sehingga kedepannya dapat menciptakan karya tulis ilmiah yang maksimal.
12
https://id.wikipedia.org/wiki/Indomie
0 komentar:
Posting Komentar