Selasa, 01 Desember 2015

Makalah Tentang Kewirausahaan "Indmomie"




KATA PENGANTAR

        Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah tentang Indomie ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Penulis juga berterima kasih kepada ibu Yuyun Yuniasih selaku dosen mata kuliah Pengantar Bisinis yang telah memberikan tugas ini kepada penulis.
        Penulis berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasa serta pengetahuan kita mengenai sejarah dan perkembangan Indomie. Penulis juga menyadari bahwa dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, penulis berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah dimasa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
        Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah ditulis dapat berguna bagi penulis maupun pembaca. Sebelumya penulis mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dan penulis mohon kritik dan saran demi perbaikan dimasa yang akan datang.

Tasikmalaya, 29 November 2015
i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………...…………… i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………. ii
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………….. 1
A.    Latar Belakang Masalah …………………………………………………. 1
B.     Rumusan Masalah ……………………………………………………….. 2
C.     Tujuan Makalah …………………………………………………………. 2
D.    Kegunaan Makalah ……………………………………………………… 3
E.     Prosedur Makalah ……………………………………………………….. 3
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………... 4
A.    Sejarah……………………………………………………………..5
B.     Promosi dan Pemasaran……………………………………………..5
C.     Jenis-jenis Indomie  …………………………7
BAB III SIMPULAN DAN SARAN ……………………………………………. 9
A.    Simpulan ………………………………………………………………… 9
B.     Saran …………………………………………………………………….. 9
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………...……11
ii
BAB 1  PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
          Ketika mi instan pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia di tahun 1969, banyak yang meragukan bahwa mi instan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pangan pokok. Akan tetapi, karena mi instan sendiri harganya relatif terjangkau, mudah disajikan dan awet, Indomie berkembang pesat seiring dengan diterimanya mi instan di Indonesia. Produk Indomie yang pertama kali diperkenalkan adalah Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam yang saat itu sesuai dengan selera lidah masyarakat Indonesia. Kemudian pada tahun 1982, penjualan produk Indomie mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan diluncurkannya varian Indomie Kuah Rasa Kari Ayam. Puncaknya pada tahun 1983, Produk Indomie kembali semakin digemari oleh masyarakat Indonesia dengan diluncurkannya varian Indomie Mi Goreng.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.
1. Bagaimana sejarah terbentuknya indomie?

1
2. Bagaimana promosi dan pemasarannya?
3. Apa saja jenis produk indomie?
C.    Tujuan Makalah
              Sejalan dengan rumusan masalah di atas, makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan:
1. sejarah indommie        
2. promosi dan pemasaran indomie
3. jenis-jenis indomie
D.    Kegunaan Makalah
Makalah ini disusun dengan harapan memberikan kegunaan baik secara teoretis maupun secara praktis. Secara teoretis makalah ini berguna sebagai penambah wawasan dan mengenali produk indomie. Secara praktis makalah ini diharapkan bermanfaat bagi:
1. penulis,
2. pembaca,
E.    Prosedur Makalah
             Makalah ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Melalui metode ini penulis akan menguraikan permasalahan yang dibahas secara jelas dan komprehensif. Data teoretis dalam makalah ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi pustaka, artinya penulis mengambil data melalui kegiatan membaca berbagai

2
 literatur yang relevan dengan tema makalah. Data tersebut diolah dengan teknik analisisis malalui kegiatan mengeksposisikan data serta mengaplikasikan data tersebut dalam konteks tema makalah.



















3
BAB II PEMBAHASAN

A.    Sejarah
          Indomie pertama kali dibuat oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd. pada tahun 1972 dengan rasa sari ayam (sekarang rasa kaldu ayam) dan rasa sari udang (sekarang rasa kaldu udang). Pada tahun 1982 Indomie varian rasa kari ayam dan mi goreng diluncurkan. Pada tahun 1984 perusahaan tersebut dibeli oleh PT. Sarimi Asli Jaya, yang memproduksi Sarimi. Pada tahun 1987, Pop Mie, mi instan dalam bentuk cup dari Indomie, diluncurkan untuk pertama kalinya dengan rasa ayam dan rasa baso. Pada tahun 1990 PT. Panganjaya Intikusuma didirikan, yang kemudian menjadi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. pada tahun 1994, mengambil alih kedua perusahaan tersebut (PT. Sarimi Asli Jaya dan PT. Sanmaru).
          Pada tahun 2005 saat pergantian kemasan, Indomie berhasil memecahkan rekor Guinness World Records sebagai bungkus mi instan terbesar di dunia. Pada tahun 2006 Indomie Goreng Kriuuk diluncurkan, dengan tiga pilihan kriuuk, yaitu kriuuk ayam, bawang dan pedas. Pada tahun 2009 gambar foto ilustrasi saran penyajian Indomie direvisi di Indomie Goreng Spesial, Rasa Ayam Bawang, Rasa Ayam Spesial, Rasa Kaldu Ayam dan Rasa Soto Mie. Pada tanggal 3 Januari 2010 Indofood CBP memperkenalkan Indomie kemasan baru untuk semua varian rasa goreng, kuah, Selera Nusantara dan JUMBO

4
dengan tagline seleraku dalam pesona baru. Pada bulan Agustus 2010 Indomie Keriting hadir dengan tiga rasa baru yaitu Goreng Rasa Ayam Cabe Rawit, Goreng Rasa Kornet dan Rasa Laksa Spesial serta pergantian kemasan untuk varian Goreng Spesial dan Rasa Ayam Panggang.
           Pada akhir 2011 Indomie Goreng Rendang diluncurkan, dengan daging sapi asli dipadu dengan bumbu rendang asli, dengan tagline ini baru rendang. Pada bulan Agustus 2012 Indomie menyelenggarakan program ulang tahun yang ke-40 tahun, yang perayaannya diselenggarakan di Mal Taman Anggrek, Jakarta. Pada bulan Desember 2012 diluncurkan varian baru Indomie Goreng Cabe Ijo, dengan serpihan cabe hijau asli dan minyak bumbu cabe hijau yang diberi pewarna hijau klorofil agar mi berwarna hijau. Slogan iklan Indomie Goreng Cabe Ijo yaitu ijo, mantap, hot yang kemudian pada bulan April 2013 dengan slogan "Asli Cabe Ijo". Pada bulan November 2013 diluncurkan varian baru Indomie Taste of Asia, yaitu rasa Tom Yum, Bulgogi dan Laksa. Pada bulan Januari 2014 diluncurkan varian baru Indomie Goreng Iga Penyet, dengan bumbu iga penyet dengan slogan "Dahsyat Iga Penyetnya!" yang kemudian pada bulan Maret 2014 dengan slogan "Dahsyat Rasanya!". Pada bulan September 2014 diluncurkan varian baru Indomie Kuliner Indonesia, yaitu Mi Goreng Rasa Dendeng Balado dan Rasa Soto Lamongan. Pada bulan Oktober 2015 diluncurkan varian baru Indomie My Noodlez, mi instan goreng pertama untuk anak-anak yang dibuat dengan rumput laut dan wortel dengan taburan topping crunchy, yaitu rasa Pizza Cheese, Rumput Laut dan Salmon Teriyaki.
5
B.     Promosi dan Pemasaran
          Indomie untuk saat ini merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk mi instan di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Indomie sebagai produk mi instan yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas. Indomie sangat dikenal dengan taglinenya, "Indomie Seleraku". Pada tahun 2008 Indomie melakukan inovasi dalam promosinya dengan mengadakan event Indomie Jingle Dare, sebuah ajang kompetisi bagi pelajar tingkatan SMA untuk membuat jingle bagi iklan Indomie.
          Dalam pemasarannya, grup distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi mi instan yang terluas di Indonesia, yang mana menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin. Indomie dapat dibeli secara satuan per bungkus, dapat juga dibeli dengan paket per 5 bungkus dan paket 1 kardus yang berisi 30 atau 40 bungkus indomie. Harga Indomie relatif ekonomis, di Indonesia pada tahun 2012, Indomie dihargai Rp. 1.450,-
6
per bungkusnya atau sekitar 10 sen dolar Amerika. Di Australia, tahun 2009 Indomie dijual dengan harga 25 sen per bungkusnya atau AUD 10 untuk satu kardus berisi 40 bungkus Indomie, sedangkan di Amerika Serikat pada tahun 2009, Indomie biasa dijual dengan harga 1 dolar per 3 bungkusnya, dan dapat ditemukan di berbagai supermarket Asia seperti Lion Supermarket, Marina Food, atau 99 Ranch Market.
C.    Jenis-jenis Indomie

Indomie Goreng

  • Indomie Goreng Spesial
  • Indomie Goreng Spesial Plus (Bawang Goreng Lebih Banyak dan Lengkap dengan Saus Cabe)
  • Indomie Goreng Cabe Ijo
  • Indomie Goreng Pedas
  • Indomie Goreng Iga Penyet
  • Indomie Goreng Rendang
  • Indomie Goreng Sate
  • Indomie Goreng Sapi
  • Indomie Goreng Sapi Spesial
  • Indomie Goreng Udang
  • Indomie Goreng Spesial Jumbo
  • Indomie Goreng Rasa Ayam Panggang Jumbo
7
  • Indomie Goreng Kriuuk.. Ayam
  • Indomie Goreng Kriuuk.. Bawang
  • Indomie Goreng Kriuuk.. Pedas
  • Indomie Goreng Kriuuk.. Sapi
  • Indomie Goreng Kriuuk.. Soto Ayam
Indomie Kuah
  • Indomie Rasa Ayam Bawang
  • Indomie Rasa Ayam Spesial (varian lama)
  • Indomie Rasa Ayam Spesial (varian baru)
  • Indomie Rasa Baso Sapi
  • Indomie Rasa Kaldu Ayam
  • Indomie Rasa Kaldu Udang
  • Indomie Rasa Kari Ayam
  • Indomie Rasa Kari Ayam (Bawang Goreng Lebih Banyak)
  • Indomie Rasa Soto Mie
  • Indomie Rasa Soto Spesial (Ekstra Koya Gurih)
Indomie Selera Nusantara
8
  • Indomie Rasa Coto Makassar
  • Indomie Rasa Empal Gentong
  • Indomie Rasa Kari Ayam Medan
  • Indomie Rasa Mi Celor
  • Indomie Rasa Mi Kocok Bandung
  • Indomie Rasa Sop Buntut
  • Indomie Rasa Soto Banjar
  • Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kulit
  • Indomie Rasa Soto Betawi
  • Indomie Rasa Soto Medan
Indomie Kuliner Indonesia
  • Indomie Goreng Rasa Dendeng Balado
  • Indomie Rasa Soto Lamongan
Indomie Keriting
  • Indomie Keriting Goreng Rasa Ayam Cabe Rawit
  • Indomie Keriting Goreng Spesial
  • Indomie Keriting Rasa Ayam Panggang
Indomie Taste of Asia
  • Indomie Taste of Asia Mi Kuah Rasa Tom Yum Ala Thailand
9
  • Indomie Taste of Asia Mi Goreng Rasa Bulgogi Ala Korea
  • Indomie Taste of Asia Mi Kuah Rasa Laksa Ala Singapura
Indomie Unique Flavor
·         Indomie Unique Flavor Rasa Rissoto Ayam & BBQ Flavor
  • Indomie Unique Flavor Mi Goreng Rasa Bollognese & Cornett
  • Indomie Unique Flavor Rasa Rissoto Sapi & Saus Ayam
  • Indomie Unique Flavor Mi Goreng Rasa Chocolate & Vanilla Strawberry
Indomie My Noodlez
  • Indomie My Noodlez Mi Goreng Rasa Pizza Cheese
  • Indomie My Noodlez Mi Goreng Rasa Rumput Laut
  • Indomie My Noodlez Mi Goreng Rasa Salmon Teriyaki









10
BAB III SIMPULAN DAN SARAN

A.. Simpulan
          Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Sejarah awal dibuatnya Indomie adalah tahun 1972 oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd. dengan rasa sari ayam dan sari udang.
2. Indomie mempromosikan produknya melalui iklan di media elektrnik dan cetak, mensponosri berbagai acara, dan instalasi billboard iklan secara luas.
3. Terdapat berbagai jenis produk indomie diantaranya indomie goring, indomie kuah, indomie selera nusantara, indomie kuliner Indonesia, indomie keriting, indomie taste of Asia, indomie unique flavor, dan indomie my noodlez dengan varian rasa yang berbeda-beda.
B. Saran
1. Pembaca
       Saran dari penulis untuk pembaca yaitu agar pembaca dapat menyimak dengan baik, sehingga apa yang masih kurang dalam penulisan makalah ini dapat di sampaikan melalui kritik yang membangun untuk perbaikan dimasa yang akan datang, baik itu untuk penulis maupun untuk pembaca yang apabila di kemudian hari akan membuat makalah yang serupa dengan tema di atas.
2. Penulis
        Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis

11
akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan.
3. Pihak yang relevan dengan tema
          Untuk pengembangan lebih lanjut, penulis menyarankan agar pihak yang relevan dengan tema memperbaiki beberapa aspek, misalnya dalam penulisan kata maupun kalimat yang tertuang dalam sumber atau referensi yang tidak sesuai konteks atau penulisannya tidak menggunakan bahasa yang baku, supaya pihak-pihak yang akan mengambil bahan bacaan dari sumber atau buku tersebut dapat dengan mudah memahami apa yang dituangkan, sehingga kedepannya dapat menciptakan karya tulis ilmiah yang maksimal.

 










12

 

DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Indomie

0 komentar:

Posting Komentar